The Outdangerous of Adventure Dudes

Sejak dulu, manusia-manusia petualang tersebar diseluruh dunia untuk kemudian menemukan semua tempat-tempat yang sekarang menjadi area pemukiman, area bertamasya, sampai pengeboran minyak dan sebagainya.
ingin tahu lebih banyak mengenai mereka..?

The Oldies
penjelajah yang mungkin paling populer namanya di dunia christopher columbus, penemu "The New World" amerika dan sekitarnyapad abad ke-16, akan tetapi ada beberapa nama penjelajah dunia yang cukup populer dalam sejarah dan patut diingat nama dan prestasinya....check this out....

1. Marcopolo(italia, 1254-1324).
perdagangan dari Venice yang kemudian menulis buku berjudul II Milione,sebuah literatur yang memperkenalkan bangsa Eropa ke cina dan benua asia.Penjelajahan Marcopolo telah berperan besar dalam kemajuan penataan peta Fra Mauro, yaitu peta dunia yang dibuat pada tahun 1450.Colombus pun mulai penjelajahannya karena terinspirasi oleh kisah marcopolo.

2. Sir Walter Raleigh(Inggris,1552-1618).
     mungkin anda lebih mengenalnya dengan menonton film"Elizabeth The Golden Age(2007)".Di film itu Raleigh diperankanoleh Clive Owen . Sir Walter Raleigh adalah seorang aristokrat berjiwa petualang dan juga seorang penjelajah tulen. Beliau bertanggung jawab atas koloniasi Inggris di "The New World"(Amerika Serikat),terutama di bagian Utara Amerika di pulau Roanoke yang dinamakan Virgina untuk menghormati sang ratu.Pada tahun 1594 beliau berlayar ke amerika serikat selatan untuk menemukan "kota Emas"yang diiisukan tersembunyi disana. Petualangannya ini kemudian menjadi awal dari kisah legenda EL Dorado.


3. Ferdinand Maagellan(portugal,1480-1524).
     Magelaan adalah  seorang pemimpin pasukan kerajaan Spanyol dalam penjelajahan untuk menemukan "Spice Island" (kepulauan rempah rempah), nama yang diberikan bangsa eropa dan cina untuk kepulauan maluku di Indonesia melalui rute barat .ini menjadikan orang Eropa pertama yang sukses mengelilingi dunia.Sayangnya magellan meninggal di tengah jalan akibat perang mactan di Fillipina, namun berkat penjelajahannya melalui rute timur ke semenanjung tanah melayu, tetap memiliki reputasi sebagai salah satu penjelajah pertama yang melewati semua garis meridian dalam  peta dunia. Magellan Cs merupakan bangsa Eropa pertama yang memasuki Pasifik dari arah atlantik melewati selat yang kemudian  dinamakan The Strait of Magellan(selat magellan).

4. Vasco Da Gamma(Portugal, 1469-1524).
     Sebuah era dalam sejarah yang dikenal sebagai The Age of  Dicovery(akhir abad 15 sampai awal abad 17),dimana bangsa Eropa secara intens melakukan eksplorasi untuk memetakan dunia,terjadilah pergantian dari middle ages(abad pertengahan) ke early modern period(awal era modern) di Eropa.Dalam periode ini, vasco da gamma telah berhasil menjadi salah satu penjelajah paling sukses di eropa. vasco da gamma adalah komandan kapal laut pertama yang secara langsung berlayar dari Eropa ke India.Vasco Da Gamma telah menemukan akses ke bagian dunia di belahan timur melalui rute lautan dari.



5. Dr. David Livingstone(Skotlandia, 1813-1873).
     Misionaris medis papan atas dalam London Missionary Society, juga seorang penjelajah Afrika. Livinggstone mempunyai status legendaris status legendaris di beberapa bidang, seperti: sebagai martir, sebagai pendukung perubahan dan perbaikan dalam masa imperalisme sebagai tokoh anti perbuadakan , dsb..dalam hal penjelajahan prestasinya antara lain : sebagai orang pertama yang menjelajah afrika dari ujung ke ujung sebagai penemu victoria falls (air terjun),danau nyassa, dan awalnya congo, sebagai awal "pembuka jalan" ke afrika untuk para misionaris inggris dan pedagang. Pada tanggal 10 november 1871 Sir Henry Morton Stanley yang pada saat itu masih menjadi seorang jurnalis dan sedang dalam ekspolarasi ke pedalaman Afrika dalam usaha mencari Livingstone berhasil bertemu dengannya di ujiji dekat danau tanganyika(tanzania) pertemuan legendaris ini selalu diperingati dengan kata populer  yang diucapkan stanley ,"Dr. Livingstone, I presume?"


6.Roald Amundsen(Nowergia, 1868-1928).
     seorang nowergia yang menjelajah benua akrtik dan kutub selatan . Amundsen dilahirkan dalam sebuah keluarga pemilik kapal dan kapten-kapten kapal. Terinspirasi oleh penyeberangan greenland yang dilakukan Fridtjof Nansen pada 1888, dia memutuskan untuk menjalani hidup menjelajahi dunia.Amundsen adalah orang pertama yang mencapai Kutub Selatan. Pada 19 Desember 1911 , dia tiba di Kutub Selatan bersama rekan-rekannya.Robert falcon Scott tiba 35 hari kemudian. Admundsen tewas dalam kecelakaan pesawat terbang dalam sebuah misi penyelamatan di tahun 1928 dan jenajahnya tidak diketemukan



7.Robert F.Scott(Inggris,1868-1928).
   tidak jauh berbeda dengan admunsen, scottmerupakan penjelajah benua antartika. scott melakukan penjelajahannya di benua ini sebanyak dua kali, pertama scott melakukannya dalam rangka ekspidisi discovery(1901-1904) dan kedua ekspolarasi yang bertujuan untuk penelitian dan eksplorasi geografis di benua yang belum terjamah(1910-1913). Niatnya mencamtumkan diri sebagai orang pertama yang menjelajah benua kutub selatan akan tetapi gagal dikarenakan admundsen yang terlebih dahulu menginjakan kakinya, dengan rasa kecewa scott Cs pulang kembali ke negara asalnya akan tetapi dalam perjalanan scott mengelami tragedi yang menyebabkannya meninggal pada umur 43 tahun.

8.Jacques Yves Cousteau(Perancis,1910-1997).
   merupakan seorang perwira angkatan laut yang menjadi penjelajah laut, ahli ilmu lingkungan hidup(ekologis), filmmaker,inovator,penulis dan peneliti segala jenis kehidupan dalam air. Cousteau ikut berperan dalam pembuatan aqua lung(alat pernapasan dalam air untuk para penyelam bersama rekanya Emile Gagnan. Cousteau melahirkan banyak serial televisi yang membuat penonntonya mengenal kehidupan laut.






21 Century(modern adventure) 
  beberpa penjelajah ekstrim yang masih bisa kita temukan dalam keadaan bernapas sampai saat ini, mereka penemu penemu tempat tersembunyi pada abad ini


1.Sir Ranulph Fiennes(Inggris,1944).
seorang adventure juga beberapa endurance record : berjalan solo ke kutub utara tanpa peralatan, lalu menyelesaikan 7 marathon dalam 7 hari di 7 negara 4 bulan setelah terkena serangan jantung dan melewati operasi double heart bypass pada usia ke -59. Pada tanggal 20 mei 2009 berhasil menjadi orang inggris tertua yang mencapai puncak mount everest.

2. Bruce Parry(Inggris ,1969).
    rasa ingin tahunya terhadap kultur berbagai suku pedalaman di dunia menghasilkan serial TV dokumenter"TRIBE",dimana dirinya mengikuti berbagai suku tradisional dan menjadi salah satu dari mereka. Projek ini mengharuskannya mengikuti akvitas seperti berbur, memanggil roh roh dalam keadaan in trance, membunuh binatangsb(melalui video yang saya lihat).parry juga pernah memimpin tim inggris untuk ekpedisi ke kutub selatan. Dalam sebuah projek remakedari ekpedisi Terra Nova yang dulu berakhir tragis  seperti yang dialami oleh scott cs dulu, tim parry berhasil menyelamatkan diri.

3.Ben Fogle(Inggris,1973).
merupakan seorang penulis, presenter TV dan petualang dengan hobinya membawa orang orang awam yang berkeinginan mencoba ke alam liaryang berbahaya seperti hutan amazon, pegununungan himalaya, gurun pasir afrika,dll.

4. Joshua Gates(Amerika,1977).
seorang adventure yang gemar fotografi ini mempunyai program TV mingguan yang mengikuti petualangannya di berbagai tempat tersembunyi dis eluruh dunia, dalam misinya mencari kebenaran dari banyaknya misteri dan fenomena yang tak dapat dijelaskan di dunia.

5. Bear Grylls(Inggris,1974).
seperti beberapa petualang diatas, bear juga mempunyai acara TV khusus memperlihatkan speciality yaitu bertahan hidup di daerah takbersahabat untuk mansia seperti hutan belantara,gurun pasir dll>program TV yang paling dikenal adlah "MAN VS WILD".

6.Ewan McGregor(Skotlandia,1971)dan Charley Booman(Irlandia,1966).
   dua sahabat ini mempunyai banyak persamaan selain aktor, mereka juga gemar mengendarai motor. akhirnya merek memutuskan untuk melakukan perjalanan panjang bahkan sampai mengelilingi dunia dengan motor BMW mereka, kemudian membuat serial TV dokumenternya.

7.George Kourounis(Kanada,1970).
    seorang petualng, presenter,dan penjelajah. Pemburu dokumenter untuk cuaca ini terkenal ekstrim meliput bencana alam seperti angin topan,tsunami,n dll

Sumber :
Buku "SEJARAH" SMA kelas X,,
Free MAGAZINE edisi februari '10,,
www.wikipedia.org....
  
" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut. Ketentuan lebih lengkap silakan simak   FAQ "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan kepribadian, gaya hidup dalam perilaku konsumen

Citra produk

Etika bisnis pada pasar oligopoli