10 Aplikasi Screen Recorder Gratis untuk Video Tutorial

Satu gambar lebih bermakna dari seribu kata-kata, bagaimana dengan satu detik video yang terdiri atas beberapa gambar, pasti lebih sulit lagi diungkapkan dengan kata-kata.  Bagaimanapun, banyak hal yang tidak cukup hanya diungkapkan lewat kata-kata, untuk mempermudah penyampaian informasi akan lebih baik digunakan lewat media gambar atau video, misalnya untuk membuat tutorial photoshop, atau tutorial suatu produk atau aplikasi ke user yang masih awam. Pembuatan media seperti ini dinamakan screencast, yakni video yang dihasilkan dengan merekam apa yang kita lakukan di layar, layar akan dicapture per detik atau setiap kali mouse diklik atau menekan tombol keyboard.
Ada beberapa software yang bisa kita pakai untuk membuat screencast ini yang komersil contohnya adalah Camtasia Studio. Namun banyak juga software-software gratis, (terkadang juga menyediakan fasilitas premium) yang bisa kita coba. Berikut kami sajikan 10 software Screen Recording gratis untuk anda. Silakan diklik judul aplikasi-nya untuk men-download.

CamStudio

CamStudio adalah software screen recorder open source yang menghasilkan output dengan format AVI atau Flash (SWF).
Sistem Operasi : Windows

Jing

Jing, aplikasi Screen Recorder ini punya kemampuan untuk menambahkan textbox, panah dan objek-objek lainnya ke area tertentu pada tiap gambar yang dicapture. Software ini juga bisa menghasilkan output ke Screencast.com, Flickr, FTP account, Twitter dan lainnya.
Kita juga bisa menambahkan suara atau merekam suara kita dengan menggunakan mikrofon.
Sistem Operasi : Windows, Mac OS X

Webineria

Webineria adalah software screencast open source juga, penggunaanya juga sangat mudah. Output yang dihasilkan dapat berupa file .AVI atau .FLV. Dengan menggunakan keyboard shortcut kita bisa melakukan start-pause dan stop proses perekaman. Fitur lainnya yang menarik adalah kemampuannya untuk mengkombinasikan dengan input video lainnya (seperti webcam) selama pembuatan screen recording.
Sistem Operasi : Windows

Wink

Wink adalah software untuk membuat tutorial dan presentasi dengan cara mengambil screenshot pada layar dan menambahkan objek-objek drawing untuk penjelasan, seperti balon, kotak informasi dan sebagainya. Output yang dihasilkan bisa berupa .EXE, .FLV, .HTML,  dan sebagainya.
Sistem Operasi : Windows, Linux

UltraVNC Screen Recorder

UltraVNC Screen Recorder adalah software screen recorder yang dibangun dengan mengembangkan fitur-fitur dari source code CamStudio. Software ini memiliki performa yang lebih cepat dan menarik daripada CamStudio. Bisa juga untuk merekam audio.
Sistem Opearsi: Windows

Windows Media Encoder

Windows Media Encoder adalah software buatan microsoft untuk meng-capture audio dan video. Software dapat menghasilkan kualitas video high-definition, dan kualitas suara high-defintion multichannel, dan output juga dapat digabung juga dengan suara atau musik.
Sistem Operasi: Windows

BB FlashBack Express

BB FlashBack Express adalah software screen recorder versi gratis dari BlueBerry. Software ini dapat merekam dari input video, screen dan juga audio.
Output yang dihasilkan dapat berupa AVI atau FLV, dan memiliki kemampuan untuk meng-upload langsung video yang dihasilkan ke situs sharing sepeti youtube.
Sistem Operasi : Windows

CaptureFox (Firefox add-on)

CaptureFox adalah add-on Firefox untuk membuat screencast dengan mengcapture layar pc anda frame per frame. Software ini juga punya kemampuan untuk merekam audio.
Sistem Operasi : Hampir semua sistem operasi yang ada (maklum firefox juga bisa dijalankan disemua browser)

uTIPu TipCam

TipCam adalah software screen cast untuk merekam layar dan juga audio, namun software ini juga memiliki fitur-fitur seperti :
  • Audio dapat direkam ulang, di-dubbing istilahnya
  • Awal dan akhir dapat diperkecil atau di-trim
  • video dapat di-zoom ke arah cursor mouse dengan fitur smart zooming
  • bisa menggambar bebas di layar monitor saat proses recording
  • Mendukung format AVI dan FLV
Sistem Operasi : Windows

Krut

Krut adalah software screencast berbasis java. Output yang dihasilkan adalah file .MOV yang dibuka lewat software Quicktime Movie.
Sistem Operasi : Semua sistem operasi

Sumber:
ruangsoftware.com

" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut. Ketentuan lebih lengkap silakan simak   FAQ "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan kepribadian, gaya hidup dalam perilaku konsumen

Citra produk

Etika bisnis pada pasar oligopoli