10 Virus Terkenal Sepanjang Sejarah

Apakah komputer anda pernah terkena virus atau sejenis Malware lainnya ? Kalau iya pasti kita pernah punya pengalaman yang tidak menyenangkan seperti kehilangan file-file penting, komputer jadi lambat, selain itu kita harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan, dan mengembalikan kembali sistem kita yang rusak terkena virus. Kalo sistem yang rusak misalnya program atau OS-nya yang rusak mungkin tidak terlalu masalah karena cukup diinstall ulang selesai, nah kalau dokumen penting yang rusak, bisa gawat jadinya.
Banyak virus yang berbahaya, atau sekedar iseng untuk mengerjain orang lain. Namun ada 10 virus paling berbahaya dalam sejarah dunia IT, karena kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan besar sekali. Kita mulai dari nomor 10, yaitu :
10.Virus Netsky dan Sasser
Virus ini menarik perhatian ketika dia menyerang sistem komunikasi di Perancis, dan menyebabkan masalah pada Delta Air Lines sehingga banyak penerbangan yang dibatalkan. Metode penyerangan virus ini cukup extraordinary yakni dengan langkah pertama membasmi worm lainnya pada PC korban sebelum mulai menginfeksi dirinya ke sistem itu.
 9. Virus Nimda
Nama virus ini berasal dari kata “admin” yang dieja terbalik, virus ini menyerang sebagai worm, dan juga Trojan. Dengan variasi penyerangannya virus ini menyebar ke seluruh dunia dalam waktu singkat dan mengakibatkan kerugian milliaran dollar.
8. Virus Code Red
In 2001, anti-virus researchers were frustrated by a new worm dubbed Code Red, after the hyper-caffeinated flavor of Mountain Dew soda its finders were drinking when they discovered it.
Virus Code Red muncul pada tahun 2001 dan menyerang server Microsoft dan menginfeksi lebih dari 350.000 komputer. Virus ini mampu untuk menginfeksi kembali sistem yang telah dibersihkan dan mengakibatkan sistem menjadi overload, dan server mengalami denial-of-service sehingga banyak situs yang down di seluruh dunia.
7. Virus Anna Kournikova
Virus ini menyerang lewat gambar petenis Anna Kournikova yang dikirimkan lewat email. Kemudian menyebar dengan mengirimkan email ke seluruh recipient yang ada di address book. Namun untungnya virus ini tidak merusak file dari komputer yang diinfeksi.
6. Virus The Love Bug
Social engineering — tricking a person to open a file or reveal information — came into its own in May 2000 with the ILOVEYOU virus.
Virus ini juga menggunakan email sebagai media penyebarannya, dan melakukan banyak kerusakan pada komputer yang diinfeksi seperti menghapus file multimedia, file personal, mengganti start page Internet Explorer dan banyak junk email lainnya. Virus ini menginfeksi lebih dari 50 juta komputer dalam 9 haru, dan juga menyebabkan situs-situs militer di-shutdown sampai virus ini dibasmi.
 5. Virus Melissa
Virus ini diberi nama dari seoranng Stripper Florida bernama Mellisa, dan muncul sekitar tahun 1999, virus ini didesain untuk menyebar dari komputer ke komputer tanpa tergantung dari kegiatan pengguna di PC, dan mengakibatkan server overload. Untungnya virus ini tidak merusak file pribadi.
4. The Concept Virus
Virus ini sulit dibasmi karena menggunakan konsep polimorfisme yang mampu untuk mengubah pola mereka setiap ada infeksi baru, sehingga susah buat software anti-virus untuk mendeteksi dan membasmi mereka. Virus ini menyebar lewat dokumen Microsoft Word.
 3. Virus The Morris Worm
Virus ini menyebar pada bulan November 1988 dan dianggap sebagai worm yang muncul pertama kali di dunia.
 2. Jerusalem
Menjelang akhir tahun 1987, virus Jerusalem mulai menyebar, dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah dibandingkan virus Stoned, karena menginfeksi file .exe dan .com. Serangannya penyebarannya berlangsung hanya di hari jumat tanggal 13 karena itu penyebarannya lebih lambat dibandingkan virus Stoned.
1. Urutan Pertama Stoned
Ini adalah virus pertama yang menyerang komputer, dan menginfeksi lewat floppy disk. Virus ini mucul di awal 1987 dan menyerang ke boot sector, sehingga pesan pertama yang muncul ke layar pengguna adalah “Your computer is now stoned”. Virus ini tidak melakukan kerusakan pada komputer korban, dan hanya menampilkan pesan seperti itu.

Sumber :
ruangsoftware.com editing oleh andreassetiadi.blogspot.com

" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut. Ketentuan lebih lengkap silakan simak   FAQ "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan kepribadian, gaya hidup dalam perilaku konsumen

Citra produk

Etika bisnis pada pasar oligopoli